Pada esensinya, manusia memang diciptakan untuk berpetualang (travelling). Sejak lahir ke dunia, manusia mencoba mengeksplorasi berbagai hal hingga akhirnya menjadi dewasa. Karena sangat esensial, berpetualang sejatinya merupakan suatu keharusan. Jika kamu jarang berpetualang, maka  berpetualanglah dari sekarang. Sekali kamu menemukan ‘kegilaan’ dalam perjalanan, maka kamu pun akan meminta lebih dan lebih lagi.  Jarang berpetualang disebut juga dengan ‘kurang piknik’. Jangan sampai kamu menjadi orang yang kurang piknik ya. Nah berikut ini kami akan membahas 7 alasan mengapa travelling itu baik untukmu.

 

1. Semakin Kotor, Semakin Sehat

Memang statement diatas sedikit, namun banyak peneliti mengemukakan bahwa obsesi manusia modern mengenai kehigienisan justru menjadi penyebab munculnya beberapa penyakit seperti asma, alergi, dan peradangan usus. Justru jika manusia tidak takut untuk hidup ‘kotor’, maka daya tahan tubuh menjadi semakin meningkat. Berpetualang saat travelling sejatinya pasti mengharuskan kita untuk ‘kotor-kotoran’, namun justru hal itu sangat bermanfaat untuk kesehatan kita. Berpetualang mengajarkan kita bahwa hidup bebas sejatinya dapat membuat pikiran menjadi lebih sehat dan hal itupun pasti berimbas pada kesehatan kita.

 

2. Dapat Mengatasi atau Mencegah Berbagi Masalah Kesehatan

Terdapat satu istilah dalam dunia medis yaitu ‘park prescription’ yang berarti obat yang didapatkan dari hasil jalan-jalan di taman.  Jadi dimanapun lokasi petualangannya, baik itu di taman, gunung, lembah, pesawahan, dan lainnya, pasti menyehatkan. Berpetualang dapat mencegah atau bahkan mengatasi beberapa masalah kesehatan ekstrem seperti sakit jantung, diabetes, hingga obesitas. Tak hanya dari segi fisik, berpetualang juga sangat baik untuk kesehatan jiwa. Jika kamu merasa hari-harimu kurang menyenangkan karena rutinitas sehari-hari, maka berpetualanglah sehari saja, maka kamu seakan-akan sudah mengkonsumsi obat untuk kesehatan tubuhmu.

 

3. Tak Ada Batasan Umur

Berapapun umurmu, baik itu anak-anak, remaja, hingga orang tua, sangat dianjurkan untuk berpetualang. Jadi jangan mentang-mentang kamu sudah berumur, jadi enggan berpetualang. Jika kamu terus-terusan berada di depan komputer dalam waktu yang sangat lama, maka pasti ada hidden problems yang bisa muncul kapanpun. Jadi untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, sebaiknya sediakan waktu untuk berpetualang. Kamu bisa mengajak anak dan istrimu untuk jalan-jalan di taman, gunung, atau pantai.

 

4. Memperbesar Volume Otak

Penelitian menunjukan bahwa hiking atau jalan-jalan di pegunungan dapat meningkatkan volume otak. Pada dasarnya, otak manusia mengecil seiring waktu. Namun mereka yang dalam seminggu melakukan hiking atau jogging 1 jam hingga 2 jam, mampu meningkatkan volume otak sedikit demi sedikit. Jika kegiatan hiking atau jogging dilakukan secara rutin, maka kecerdasan ‘pun semakin meningkat. Tak hanya itu, hiking juga dapat mempertajam mental, sehingga selalu siap saat dihadapkan dalam kondisi paling mencekam sekalipun.

 

5. Lebih Toleran Terhadap Ketidakpastian

Ketika berpetualang, sejatinya kamu dihadapkan pada situasi-situasi yang kamu benar-benar tidak pernah rencanakan sebelumnya. Alhasil, kamu ‘pun belajar caranya mengatasi ketidakpastian dalam kehidupan. Hal ini pasti akan kamu rasakan sehabis berpetualang, kamu menjadi lebih siap menghadapi berbagai cobaan dalam kehidupan. Kamu menjadi tidak takut menghadapi ketikdakpastian. Sebaliknya, kamu lebih menikmati berbagai ketidakpastian dan menganggapnya sebagai suatu tantangan yang mesti diselesaikan.

6. Banyaknya Pilihan

Ketika kamu hidup dalam lingkungan yang sifatnya konvensional dan mengikat seperti di kantor atau rumah, maka kamu hanya memiliki beberapa pilihan saja dalam hidup. Namun berbeda ketika kamu memutuskan untuk berpetualang, maka kamu memiliki banyak sekali pilihan. Misalnya, ketika kamu berpetualang, kamu menemukan banyak sekali tempat yang berbeda kultur dan cuaca. Alhasil, kamu ‘pun menjadi lebih tertarik untuk pindah rumah ke tempat lain yang menurut kamu lebih cocok dengan kepribadianmu.

 

7. Meningkatkan Daya Ingat

Memori manusia pada esensinya perlu untuk digerakan. Jadi semakin banyak kamu berpetualang, maka daya ingatmu ‘pun semakin meningkat.

Bagi kamu yang kurang suka travelling, maka ubahlah mindset-mu dari sekarang. Semoga beberapa alasan mengapa berpetualang itu sangat baik diatas dapat menginspirasimu untuk berpetualang. Tak perlu berpetualang ke pegunungan, kamu pun bisa mengunjungi taman bermain atau pantai yang ada disekitar rumahmu. Happy travelling.

http://leighrss.com/wp-content/uploads/2018/01/7-Alasan-Mengapa-Berpetualang-Itu-Baik-Untukmu.jpghttp://leighrss.com/wp-content/uploads/2018/01/7-Alasan-Mengapa-Berpetualang-Itu-Baik-Untukmu-150x150.jpgleighrssBerita MenarikPada esensinya, manusia memang diciptakan untuk berpetualang (travelling). Sejak lahir ke dunia, manusia mencoba mengeksplorasi berbagai hal hingga akhirnya menjadi dewasa. Karena sangat esensial, berpetualang sejatinya merupakan suatu keharusan. Jika kamu jarang berpetualang, maka  berpetualanglah dari sekarang. Sekali kamu menemukan ‘kegilaan’ dalam perjalanan, maka kamu pun akan meminta lebih...Kumpulan Berita Viral Dan Menarik