Kamu pernah merasakan cemburu? Bagaimana rasanya? Sakit sekaligus sweet bukan ? Cemburu itu seperti garam dalam makanan. Jika dicampurkan sedikit, makanan ‘pun jadi enak. Namun jika terlalu banyak, kita ‘pun enggan memakan makanan tersebut. Iya betul sekali, cemburu ini bisa menjadi anugrah jika kadarnya sedikit saja, namun juga dapat menjadi marabahaya jika kadarnya banyak. Rasa cemburu ekstrem dapat menyebabkan turunnya kepercayaan diri seseorang. Tak hanya itu, untuk kasus yang lebih parah, mungkin bisa berujung pada depresi. Dibawah ini kami akan membahas 5 jenis cemburu yang mesti kamu ketahui, jadi selamat menyimak ya.

Memahami Apa itu Cemburu

Sebelum kita membahas beberapa jenis cemburu, ada baiknya kamu memahami apa itu cemburu. Cemburu merupakan kombinasi antara kemarahan, kesedihan, kemuakan, dendam, yang tidak sempurna. Cemburu bisa menghancurkan hubungan cinta paling sempurna sekalipun. Tak hanya itu, cemburu juga dapat mengganggu kualitas hidup seseorang maupun orang-orang disekelilingnya. Bahkan cemburu ini dapat mengakibatkan hal-hal yang lebih ekstrem seperti pembunuhan maupun bunuh diri.  Oke  langsung saja, berikut ini kamu akan menemukan ulasan beberapa jenis cemburu, check it out.

 

1. Rasa Cemburu yang Berkaitan dengan Percintaan

Ini merupakan jenis cemburu yang paling umum dan paling sering dialami oleh orang-orang. Jika rasa cinta lahir dari dua orang yang berbeda, maka munculah perasaan saling memiliki dan rasa aman. Namun jika muncul perasaan tidak aman dan kerentanan, maka munculah perasaan cemburu. Alhasil, munculah perasaan takut kehilangan pasangan yang dicintai. Dalam hubungan percintaan, rasa cemburu ini sebenarnya normal-normal saja. Semakin cemburu seseorang, berarti semakin cinta ia dengan pasangannya. Namun yang salah yaitu cara menyikapi rasa cemburu itu sendiri, dimana seseorang biasanya sangat sulit menghilangkannya. Bahkan beberapa orang mengalami rasa cemburu ekstrem, sehingga membuat hubungan percintaan menjadi kacau balau. Jika kamu mengalami perasaan cemburu, ada baiknya kamu diskusi baik-baik dengan pasangan dan selesaikan secara dewasa.

 

2. Rasa Cemburu yang Berkaitan dengan Pekerjaan

Tak hanya untuk urusan percintaan, cemburu juga bisa muncul di lingkungan kerja. Kecemburuan di lingkungan kerja lebih identik dengan persaingan antara rekan kerja.  Tak hanya itu, kecemburuan juga bisa muncul karena sistem kasta, dimana bawahan biasanya cemburu dengan segala kemudahan yang didapatkan atasan. Tak hanya itu, seseorang juga bisa cemburu karena porsi kerja, dimana porsi kerjanya lebih banyak dibanding rekan kerja yang lain. Tak hanya itu, atmosfir kerja yang minim apresiasi juga berpotensi menghasilkan benih-benin kecemburuan. Kecemburuan di lingkungan kerja juga bisa muncul karena kenaikan pangkat atau pemberian bonus.

 

3. Rasa Cemburu yang Berkaitan dengan Pertemanan

Jenis cemburu selanjutnya yaitu platonic jealousy atau rasa cemburu yang berkaitan dengan pertemanan. Jenis cemburu satu ini sering disalahartikan dengan romantic jealousy atau rasa cemburu yang berkaitan dengan percintaan, padahal berbeda. Jenis cemburu satu ini bisa ditemukan dalam hubungan persahabatan. Rasa cemburu ini muncul ketika seseorang merasa bahwa sahabatnya lebih dekat dengan orang lain, sehingga ia merasa seperti dikucilkan.

 

4. Rasa Cemburu yang Berkaitan dengan Persaudaraan

Persaingan antar anggota keluarga merupakan hal yang sangat lumrah dan bisa ditemukan di semua kebudayaan di dunia.  Sejak kecil, ada semacam kompetisi antara adik dengan kakak untuk mendapatkan hati orang tua. Jika orang tua membelikan anak mainan, maka anak yang lain pasti merengek untuk dibelikan mainan juga. Jika orang tua memberikan perhatian pada anak, maka anak lainnya pasti merasa cemburu.

5. Rasa Cemburu Abnormal

Jenis cemburu satu ini disebabkan karena hal-hal tidak rasional seperti delusi, paranoia, depresi, dan lainnya. Mereka yang punya rasa cemburu abnormal biasanya menunjukan ketidakdewasaan dan tak mampu mengontrol hal-hal yang sebenarnya sederhana. Contohnya, seseorang merasa cemburu karena teman-teman, keluarga, dan orang-orang disekitar tidak memperhatikannya. Rasa cemburu abnormal ini tidak jelas subjeknya sehingga seseorang biasanya bersikap aneh.

Demikianlah ulasan 5 jenis cemburu yang mesti kamu ketahui. Jadi cemburu bukan hanya soal percintaan saja, banyak juga hal-hal diluar percintaan yang didalamnya terdapat rasa cemburu.

http://leighrss.com/wp-content/uploads/2018/01/5-Jenis-Cemburu-yang-Mesti-Kamu-Ketahui-1.jpghttp://leighrss.com/wp-content/uploads/2018/01/5-Jenis-Cemburu-yang-Mesti-Kamu-Ketahui-1-150x150.jpgleighrssBerita MenarikKamu pernah merasakan cemburu? Bagaimana rasanya? Sakit sekaligus sweet bukan ? Cemburu itu seperti garam dalam makanan. Jika dicampurkan sedikit, makanan ‘pun jadi enak. Namun jika terlalu banyak, kita ‘pun enggan memakan makanan tersebut. Iya betul sekali, cemburu ini bisa menjadi anugrah jika kadarnya sedikit saja, namun juga dapat...Kumpulan Berita Viral Dan Menarik