Persis seperti kehidupan, menyembuhkan luka di bagian tubuh pastilah membutuhkan proses. Namun terkadang prosesnya sangat lama, sehingga kita pun bertanya-tanya mengapa luka tersebut sangat sulit disembuhkan. Perlu kamu ketahui, tak semua luka bisa diobati dengan waktu. Ada beberapa trigger yang menyebabkan luka lebih lama mengendap dalam tubuh. Ketika tersayat pisau, biasanya orang akan mencari cairan tertentu agar luka tersebut segera menghilang. Alih-alih menghilang dalam 2-3 hari, ternyata luka terus menganga selama berminggu-minggu. Mengapa hal ini bisa terjadi ? Kamu bisa menemukan jawabannya dalam 5 penyebab luka di tubuh yang tak kunjung sembuh berikut ini.

 

1. Infeksi

Penyebab pertama mengapa luka di tubuh tak kunjung sembuh yaitu karena adanya infeksi. Kulit merupakan garis terdepan untuk menangkal serangan bakteri. Jadi jika kulit tersayat atau rusak, maka bakteri pun dapat dengan mudah masuk kedalam tubuh. Jika luka yang baru menganga terkena serangan bakteri, maka luka tersebut akan terlihat kemerah-merahan, menimbulkan rasa sakit, mengeluarkan bau, dan bahkan menyebabkan munculnya nanah. Jika kamu mengalami kecelakaan sehingga menyebabkan luka, maka segera oleskan cairan yang bersifat bakteriostatik, sehingga bakteri tidak bisa berkembang, dan lukamu bisa sembuh lebih cepat.

 

2. Nutrisi

penyebab lainnya mengapa luka di tubuh sangat sulit sembuh yaitu karena kekurangan nutrisi. Jika kamu sangat jarang mengkonsumsi buah atau sayuran, maka luka yang ada di tubuhmu pasti akan sulit sembuh. Vitamin yang terkandung dalam buah dan sayuran dapat menyembuhkan tubuh lebih cepat, khususnya vitamin C dan A.  Buah-buahan yang mengandung vitamin C memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri sehingga bakteri tidak mampu berkembang biak lebih lama lagi. Jadi jika kamu ingin menyembuhkan luka lebih cepat,  maka perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran seperti buah naga, apel, pisang, bayam, brokoli, dan lainnya. Selain itu, perbanyak juga konsumsi kacang-kacangan sehingga tubuhmu semakin kuat dan mampu melakukan recovery lebih cepat lagi.

 

3. Diabetes

Penyebab lainnya mengapa luka tubuh tak kunjung sembuh yaitu karena adanya gejala diabetes. Saat diabetes, porsi glukosa dalam tubuh semakin meningkat sehingga tubuh sulit untuk menyembuhkan diri dan sangat rentan terhadap serangan infeksi. Kandungan gula yang semakin tinggi dapat berimbas negatif pada sirkulasi darah dan juga daya tahan tubuh. Tak hanya itu, kandugan gula yang tinggi juga dapat merusak saraf yang berfungsi sebagai sinyal rasa sakit. Alhasil, penderita diabetes tidak merasakan rasa sakit saat mengalami luka, padahal lukanya semakin parah dan menjalar ke bagian tubuh lainnya. Jika kamu mengalami luka di bagian betis atau kaki dan sangat sulit disembuhkan, bisa jadi itu merupakan gejala penyakit berbahaya seperti diabetes. Jadi jangan ragu untuk segera pergi ke klinik untuk melakukan check up.

 

4. Pengobatan

Jika kamu sedang menerapkan pengobatan tertentu, bisa jadi itu merupakan trigger sehingga lukamu lama sembuhnya. Berbagai jenis pengobatan dapat menyebabkan metabolisme tubuh menurun, sehingga luka ‘pun sembuh lebih lama. Beberapa jenis pengobatan seperti kemoterapi dan konsumsi obat-obatan radiasi memiliki kandungan kimiawi sehingga dapat mengganggu daya tahan tubuh, sehingga luka ‘pun sangat sulit disembuhkan. Tak hanya itu, pengobatan medis biasanya juga menyertakan antibiotik. Antibiotik ini pada esensinya membunuh bakteri-bakteri baik dalam tubuh, alhasil tubuh ‘pun menjadi gampang terserang bakteri jahat penyebab infeksi.

 

5. Sirkulasi Darah yang Buruk

Penyebab lainnya mengapa luka sangat sulit sembuh yaitu karena sirkulasi darah yang sangat buruk. Ketika tubuh mengalami luka, maka sel darah merah akan membawa sel-sel baru pada area luka. Namun jika sirkulasi darah sangat buruk, maka prosesnya tidak berjalan dengan baik. Sirkulasi darah yang buruk ini disebabkan karena beberapa penyakit seperti obesitas, diabetes, anemia, dan lainnya.

Demikianlah informasi mengenai 5 penyebab luka di tubuh yang tak kunjung sembuh. Setelah kamu mengetahui beberapa alasan diatas, kamu ‘pun memiliki pemahaman yang lebih luas mengenai luka di tubuh dan kamu ‘pun bisa mencari cara preventif agar luka bisa cepat sembuh. Semoga artikel ini bermanfaat ya, dan jangan lupa share ya.

http://leighrss.com/wp-content/uploads/2017/12/5-Penyebab-Luka-di-Tubuh-Yang-Tak-Kunjung-Sembuh-2.jpghttp://leighrss.com/wp-content/uploads/2017/12/5-Penyebab-Luka-di-Tubuh-Yang-Tak-Kunjung-Sembuh-2-150x150.jpgleighrssBerita MenarikPersis seperti kehidupan, menyembuhkan luka di bagian tubuh pastilah membutuhkan proses. Namun terkadang prosesnya sangat lama, sehingga kita pun bertanya-tanya mengapa luka tersebut sangat sulit disembuhkan. Perlu kamu ketahui, tak semua luka bisa diobati dengan waktu. Ada beberapa trigger yang menyebabkan luka lebih lama mengendap dalam tubuh. Ketika tersayat...Kumpulan Berita Viral Dan Menarik